Rabu, 11 Maret 2009

"10 Commandment for Teachers"

George Polya, was a mathematician from Hongaria ((1887 – 1985). Writes 250 papers and 3 books, generally about ‘problem solving’. His book of “How to Solve It” quick-selling was sold, to translates in 15 languages. That was interesting here, Polya bequeathed ‘Ten Commandment for Teachers’.
1. Be Interested in your Subject. Pada menit-menit awal pertemuan pembelajaran bangunlah komunikasi positif dengan para siswa. Situasi menit-menit awal pertemuan akan sangat mempengaruhi keberhasilan tujuan pertemuan. Buatlah awal pertemuan itu menjadi hal yang menarik.
2. Know your Subject. Kenalilah subjek Anda dengan baik. Dengan mengenal individu mereka, akan terbangun komunikasi batin yang erat.
3. Try to read the face of your students, try to see their expectations and difficulties, put your self in their place. Selanjutnya, cobalah untuk membaca pikiran (melalui wajah siswa Anda), cobalah melihat harapan dan kesulitan mereka (melalui kontak mata dan batin), tempatkanlah diri Anda pada posisi yang sejajar dengan mereka sehingga siswa Anda tidak menganggap Anda-lah yang paling tahu. Ini penting agar mereka terhindar dari rasa ketergantungan kepada Anda.
4. Realize that the best way to learn anything is to discover it by yourself. Sesungguhnya cara terbaik belajar sesuatu adalah dengan mencari dan menemukannya sendiri.Tantang mereka untuk mencari, menemukan dan membuktikan, baik dengan sendiri-sendiri atau dengan bekerja kelompok.
5. Give your students not only information, but also ‘know-how’, ‘mental attitude’, ‘the habit methodical work’. Jangan hanya memberi informasi kepada siswa Anda, tetapi berilah kesempatan kepada mereka untuk mencari bagaimana menemukan yang belum mereka ketahui, sikap mental yang baik, dan bagaimana bekerja dengan cara yang benar.
6. Let them learn guessing. Beri kesempatan kepada siswa Anda untuk menerka atau membuat dugaan-dugaan. Jangan terburu-buru memberi jawaban suatu persoalan.Biarkan mereka menduga-duga dan penasaran akan kebenaran dugaannya.
7. Let them learn proving. Beri kesempatan kepada siswa Anda untk membuktikan kebenaran dugaan mereka. Berikan kesempatan kepada mereka mencoba membuktikan kebenaran dugaan mereka sendiri.
8. Look out for such features of the problem at hand as may be useful in solving the problem to come. Try to disclose the general pattern that lies behind the present concrete situation. Hati-hati terhadap ciri-ciri masalah yang dialami sehingga dapat bermanfaat dalam menyelesaikan masalah. Cobalah untuk memperlihatkan pola umum yang terletak di belakang situasi konkret yang diberikan.
9. Do not give your whole secret at once let the students guess before you tell it let them find out by themselves as much as it feasible. Janganlah memberikan terlalu jauh seluruh jawaban Anda, biarkanlah siswa serentak menerka atau mencari sebelum Anda mengajarkannya. Biarkanlah mereka (bekerja) sendiri yang sesungguhnya dapat dikerjakannya dengan mudah.
10. Suggest it, do not force it down their throats. Jika ada kesalahan, janganlah memarahi mereka, tetapi berilah dorongan untuk dapat belajar dengan cara yang benar dan lebih baik.

Really was good for reflection for all the teachers.

Sumber: Teachers Guide, V.02.03. Edisi Juni 2007

Tidak ada komentar:

Links